Bismillah

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh, selamat pagi anak-anak bagaimana kabarnya hari ini? semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah subhanahu wa ta'ala Aamiin.

Hari ini kita akan belajar dari kisah Nabi Luth Allahisalam dan Nabi Ismail Allahisalam.

  1. Kisah Nabi Luth (Halaman 15)

Nabi Luth adalah keponakan nabi Ibrahim, nabi Luth berdakwah sejaman dengan nabi Ibrahim kemudian beliau diutus oleh Allah subhanahu wa ta'ala kepada sebuah negeri yang bernama sodom. Penduduk sodom adalah sebuah negeri yang berada di Yordania, mayoritas penduduknya sering melakukan kemaksiatan seperti perjudian, perzinahan, dan yang paling terkenal dari penduduk ini adalah mereka lesbi dan homoseksual (menyukai sesama jenis).

Nabi Luth ditugaskan menyadarkan mereka dari perbuatan yang menyesatkan itu namun hanya sedikit sekali yang mengikuti seruan nabi Luth tersebut termasuk istrinya yang durhaka. Allah menurunkan azab kepada kaum sodom yang duhaka tersebut berupa gempa bumi yang dahsyat dengan hujan petir dan hujan batu yang panas membara dan Allah membalikkan tanah yang berada didalam membalik berada diatas begitupun sebaliknya.

2. Nabi Ismail (Halaman 16)

Nabi Ismail Adalah putra nabi Ibrahim, dan ibu nabi Ismail bernama Siti Hajar. Ketika Nabi Ismail masih kecil nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala untuk berpisah dengan istri dan anaknya yaitu nabi Ismail mereka sama-sama berangkat menuju Mekkah kemudian nabi Ibrahim meninggalkanya dengan berat hati. 

Mekkah saat itu adalah wilayah yang gersang dan tandus setelah Siti Hajar dan nabi Ismail datang ke mekkah maka terjadilah peristiwa yang sangat bersejarah yaitu penemuan sumur zam-zam yang saat itu Siti Hajar tengah mencari air untuk nabi Ismail minum beliau bolak-balik ke bukit shafa dan marwah karena melihat bayangan air (salah satu rukun haji yaitu sa'i).

Peristiwa yang bersejarah lainnya adalah saat Nabi Ibrahim bertemu Ismail dan dalam mimpinya Allah memerintahkan kepada Ibrahim untuk mengorbankan anaknya Ismail kemudia nabi Ibrahim menyampaikan mimpinya itu kepada putranya Islam lalu nabi Ismail bersedia karena itu merupakan perintah dari Allah subhanahu wa ta'ala. Ketika nabi Ibrahim ingin melaksanakan perintah Allah tersebut kemudian Allah mengantikan nabi Ismail dengan domba yang baik. Peristiwa tersebut dijadikan sebagai dasar disyariatkan kurban dihari raya idhul adha.

Dan peristiwa pembangunan baitullah oleh nabi Ibrahim dan nabi Ismail atas perintah Allah subhanahu wa ta'ala yang saat ini menjadi kiblat seluruh umat muslim yaitu ka'bah.

Sekarang coba kalian simak videonya ya:-)

 
 

_Hamasah_